Tips Mencegah Terjadinya Masalah AC Mobil Tidak Dingin

Jika AC mobil tidak dingin maka ada banyak komponen yang mengalami kerusakan dan perlu perbaikan bahkan harus diganti dengan yang baru. Anda akan mengeluarkan banyak biaya jika tidak melakukan perawatan yang benar pada AC mobil ini. Berikut tips mencegah terjadinya masalah AC mobil yang tidak dingin.


1. Membersihkan Evaporator
Kebersihan mobil merupakan bagian yang harus diperhatikan, salah satunya untuk bagian evaporator. Anda harus rutin membersihkannya supaya tidak ada debu yang menempel dan membuat kerusakan pada AC mobil. Anda bisa melakukan pembersihan evaporator ini sekali sebulan atau disesuaikan dengan kondisi debu dan kotoran yang menempel.

2. Menggunakan Freon Berkualitas
Jangan menggunakan komponen yang abal-abal agar kondisi mobil terjaga, termasuk bagian AC mobil. Anda harus menggunakan freon yang berkualitas agar dingin AC mobil bisa dikeluarkan dengan optimal dan memberikan kenyamanan di dalam mobil. Freon yang berkualitas bisa didapatkan di tempat service AC yang terpercaya dengan produk terbaik.

3. Mengganti Oli Kompresor 
Cara mencegah kerusakan pada AC mobil berikutnya dengan rutin mengganti oli kompresor. Jika tidak dilakukan penggantian secara rutin maka kompresor akan susah untuk bekerja mendorong angina pendingin pada AC mobil. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama oli yang sudah tidak bagus bisa merusak bagian kompresor.

4. Tidak Meletakkan Barang di Dekat AC mobil
Pada bagian AC mobil juga sebaiknya tidak meletakkan barang-barang apa pun sekali pun kecil karena bisa membuat AC berisiko mengalami kerusakan. Misalnya jika Anda meletakkan makanan bisa saja ada tumpahan yang akhirnya masuk ke bagian AC dan menjadi penyebab kerusakan.

5. Hindari Benturan
Menghindari terjadinya benturan pada AC juga menjadi cara untuk mencegah kerusakan, terutama pada bagian kabelnya. Benturan juga bisa dihindari dengan tidak mengendarai mobil secara ugal-ugalan, terutama di jalanan yang rusak. Jika Anda melakukan kebiasaan ini terus menerus maka bisa membuat kabel AC menjadi kendor dan akhirnya mengalami kerusakan.

6. Tidak Merokok 
Cara mencegah kerusakan pada AC mobil juga dengan mengurangi kebiasaan merokok sambil menyetir. Kebiasaan ini akan membuat evaporator AC menjadi kotor dan akhirnya tersumbat. Ditambah lagi penumpang atau Anda yang berada di dalam mobil akan merasa tidak nyaman.


Secara bersamaan kebiasaan ini membuat Anda membuka kaca jendela mobil dalam jangka waktu yang lama. Jelas udara di dalam mobil menjadi tidak stabil dan kerja AC mobil akan semakin berat. Kerusakan akan semakin rentan terjadi dan membuat Anda mengeluarkan banyak biaya tak terduga nantinya.

Cara mencegah kerusakan pada AC mobil selain di atas bisa dilakukan dengan tidak memarkirkan mobil langsung terkena cahaya matahari. Selain itu matikan AC terlebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil. Jika AC sudah menunjukkan tanda-tanda terjadinya masalah Anda bisa langsung service AC mobil dengan menghubungi supercar.id untuk melakukan perbaikan dengan cepat.
loading...